Minggu, 13 Juli 2008

PROGRAM UNGGULAN DI DARUL QUR'AN

BAHASA SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN

Selain program Tahfizhul Qur'an, pesantren DQ juga mendidik para santrinya untuk bisa berbahasa Arab. dan berbahasa Inggris. Mengingat bahasa adalah kata kunci untuk bisa membuka ilmu pengetahuan.

BY ARABIC AND ENGLISH WE CAN GO ALL OVER THE WORLD

kurang lebih seperti itu misi pendidikan santri ke depan, agar mereka memiliki wawasan pengetahuan yang luas bermodalkan bahasa.

Bentuk kegiatan pendukung peningkatan kemampuan bahasa santri adalah:
1. Program Kultum setiap ba'da sholat
Selesai sholat fardhu, para santri secara bergantian menyampaikan kultum dalam bahasa Arab, dengan begitu mereka akan terlatih mempraktekkan kemampuan bahasanya.
2. Program Muhadhoroh bahasa Arab dan bahasa Inggris
Sepekan sekali, para santri diberikan kesempatan untuk mengekspresikan bahasanya dalam bentuk latihan pidato. Mereka tampil secara formal, bagi yang berbahasa Arab menggunakan gamis dan bagi yang berbahasa Inggris mengenakan dasi.
3. Program Muhadatsah Yaumiyah
Sebelum memulai pelajaran lain, setiap hari santri diberikan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris agar bertambah terus kosa kata (vocabulary) yang mereka miliki
4. Mata Pelajaran (bidang studi) yang memadai
Untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab, pada tahun pertama para santri dibekali dengan beberapa pelajaran seperti: Mutholaah, Mahfuzot, Imla, Bahasa Arab, dan Insya'. Kemudian pada tahun kedua sudah semakin banyak bidang studi yang sumbernya berbahasa Arab seperti: fiqih, nahwu, shorof, tarikh, dll.
5. Pemberlakuan disiplin bahasa. Setiap hari santri diharuskan berbicara dalam bahasa Arab atau Inggris, untuk membiasakan lingkungan berbahasa yang kondusif.

Demikian di antara keunggulan lain yang dimiliki Pesantren Terpadu Darul Qur'an

Jazakalloh atas atensinya
Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Tidak ada komentar: